Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS kelas V SDN 12 Koto Baru Kabupaten Solok

Main Article Content

Thoriq Haikal
Zuliarni Zuliarni
Mutiara Felicita Amsal
Elsa Rahmayanti

Abstract

Mata pelajaran IPAS tentunya memegang peranan yang sangat penting dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang menarik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu menstimulus siswa untuk aktif belajar. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui seberpengaruh penerapan suatu model belajar Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 12 Koto Baru Kabupaten Solok. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan quasy eksperiment yang melibatkan 30 orang siswa kelas V sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa setelah model pembelajaran Project Based Learning diterapkan. Analisis data menggunakan uji statistik t-test dengan taraf signifikansi α 0.05. Hasil penelitian ini menunjukan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,33 dan kelas kontol sebesar 64, 33. Setelah dilakukan uji t, diperoleh t hitung sebesar 2,336 dan t tabel sebesar 2,145 pada taraf signifikansi α 0,05. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas V SDN 12 Koto Baru Kabupaten Solok.


 


Keywords: Model Pembelajaran, PjBL, Hasil Belajar, IPAS   

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.