Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP N 2 Salimpaung Tanah Datar
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Salimpaung Tanah Datar. Jenis penelitian Quasi eksperimen adalah jenis penelitian. Dalam penelitian ini, sampelnya terdiri dari 28 siswa yang berada di kelas VIII. Hasil belajar mereka dikumpulkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikan 0,05. Penelitian menemukan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 71,79 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 55. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh hasil t hitung adalah 1,912, dan t tabel adalah 1,706. Dapat dibuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP N 2 Salimpaung Tanah Datar