Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP N 2 Salimpaung Tanah Datar

Main Article Content

Wil Aini
Zuliarni -
Zuwirna -
Rayendra -

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Salimpaung Tanah Datar. Jenis penelitian Quasi eksperimen adalah jenis penelitian. Dalam penelitian ini, sampelnya terdiri dari 28 siswa yang berada di kelas VIII. Hasil belajar mereka dikumpulkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikan 0,05. Penelitian menemukan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 71,79 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 55. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh hasil t hitung adalah 1,912, dan t tabel adalah 1,706. Dapat dibuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP N 2 Salimpaung Tanah Datar

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.