EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MAPEL PAI KELAS IV SDN 23 PASIR SEBELAH
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi di SDN 23 Pasir Sebelah di kelas IV menunjukkan aktivitas belajar siswa dikelas kurang maksimal,seperti malas membaca,tidak aktif bertanya,tidak berdiskusi dan tidak menyelesaikan latihan yang ditugaskan oleh guru. Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran dianggap efektif jika diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan begitu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat keefektifan video pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa.Penelitian kuantitatif dengan jenis quasy experiment digunakan untuk melihat perbandingan aktivitas belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Kelas IVA dan IVB menjadi sampel dalam penelitian dengan jumlah masing-masing kelasnya yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket aktivitas belajar siswa sebanyak 22 pernyataan yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Hipotesis penelitian ini menggunakan teknik analisis data dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 71,24 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 57,08. Dari hasil analisis uji-t diperoleh thitung>ttabel yaitu 5,133>2,010 pada tarif signifikan α 0,05, artinya Ho ditolak dan Ha diterima.