PENGARUH REMEDIAL TEACHING MENGGUNAKAN METODE SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 31 PADANG

Main Article Content

febri ushaly harpianda
Alwen Bentri, unp

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya penerapan Remedial Teaching pada mata pelajaran IPA di SMP N 31 Padang, hal ini berkaitan guru belum mengoptimalkan penerapan Remedial Teaching sesuai prosedur yang meningkatkan jumlah siswa yang belum mencapai KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pengaruh Pembelajaran Remedial yang menggunakan metode Diskusi Kelompok Kecil terhadap ketuntasan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VIII SMP N 31 Padang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif jenis quasy. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 31 Padang yang terdiri dari 8 kelas dengan jumlah siswa 251 orang dan sampel diambil dengan teknik purposive sampling , siswa kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol, masing-masingnya Ambil 32 orang. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 20 butir soal dan alat pengumpul data berupa lembaran tes. Jenis data penelitian terdiri dari data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t . Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan hasil rata-rata hasil belajar siswa di kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan metode Diskusi Kelompok Kecilpada Remedial Teaching lebih tinggi dari pada kelas VIII.6 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional pada Remedial Teaching . Nilai ini dapat dilihat pada nilai rata-rata 82.6 pada kelas eksperimen dan 74 pada kelas kontrol. Hasil analisis dengan menggunakan t-test menunjukkan hasil t hitung = 4.123 sedangkan t tab el = 2.000 pada taraf kepercayaan (a 0,05), sehingga t hitung > t ta bel . Kesimpulan yang diperoleh yang signifikan pada ketuntasan hasil pengajaran remedial menggunakan metode diskusi kelompok kecil dibandingkan hasilpengajaran remedial menggunakan metode konvensional.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.