PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII DI SMP NEGERI 4 PADANG

Main Article Content

muhammad vrastyo
Azman Azman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar model pembelajaran Role Playing pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII SMPN 04 Padang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif berbentuk quasy eksperiment. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMPN 04 Padang tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, dimana yang menjadi sampel adalah kelas VII.5, sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.4, sebagai kelas kontrol. Data diambil dari penelitian ini adalah data primer tentang hasil belajar Bahasa Indonesia. Instrumen penelitian yang digunakan adalah berupa soal tes berbentuk obyektif sebanyak 40 butir soal. Setelah diperoleh data hasil belajar, maka dilakukan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji t-test). Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa kelas eksperimen (VII.5) yaitu 77,50 dan nilai rata-rata kelas kontrol (VII.4) yaitu 70,94 Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh thitung 3,208 > ttabel 2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Role Playing dengan siswa yang menerapkan pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VII SMPN 04 Padang.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.