PengembanganiMultimediaiInteraktifiBerbasisiPendekataniSaintifikPadaiMata PelajaraniIPAiSMPiKelasiVII
Main Article Content
Abstract
Media pembelajaran memiliki peran yang penting untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran. Ketepatan dalam menggunakan media pembelajaran akan berdampak pada hasil pembelajaran yang lebih baik. Penggunaan media pembelajaran yang interaktif dalam proses belajar mengajar dapat meningkatkan minat dan motivasi peserta didik untuk belajar, serta membawa pengaruh psikologis yang positif terhadap peserta didik. Penelitian ini dilakukan pada sekolah menengah pertama yang masih kurang dalam menggunakan media interaktif dengan penggunaan aplikasi yang bertujuan untuk mengembangan multimedia interaktif berbasis pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPA kelas VII SMP.
Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dalam penelitian ini mencakup 2 aspek penilaian yaitu validitas,praktikalitas. Pada tahap validitas meliputi 2 validator yaitu ahli media dan ahli materi, selanjutnya pada tahap praktikalitas di lakukan pada 30 orang siswa SMPN 4 Padang Panjang. untuk menguji kepraktisan media ini menggunakan aplikasi macromedia flash.Hasil penilaian kelayakan oleh validator media dan validator materi pada Multimedia Interaktif ini di dapatkan hasil deskripsi data penilaian oleh validator materi “Sangat Baik” untukdigunakan dengan rata-rata 4,63 dengan persentase 92% denganrentangskala 81-100% dan validasi media di kategorikan “Sangat Baik” dengan rata-rata 4,26 dengan persentase 85% dengan rentang skala 81-100%. Berdasarkan uji coba untuk praktikalitas produk multimedia interaktif berada pada kategori “Sangat Praktis” untuk digunakan dengan total jumlah skor 2250 yang penulis dapatkan sebesar 1922. Jadi, berdasarkan hasil uji validitasdan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif ini telah valid, dan praktis untuk digunakan.