Pengembangan Multimedia Pembelajaran Pada Materi Jaringan Komputer Dan Topologi Jaringan Mata Pelajaran Bimbingan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Kelas IX SMP

Main Article Content

Jehan Hariyati
Zelhendri Zen

Abstract

Pengembangan multimedia pembelajaran menggunakan software Lectora Inspire ini dilkaukan sebagai upaya dalam memecahkan masalah belajar siswa, dimana siswa kurang tertarik dalam pembelajaran Bimbingan TIK dengan penggunaan media yang terbatas pada buku teks dan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan software Lectora Inspire pada materi jaringan komputer dan topologi jaringan untuk siswa kelas IX SMP yang dapat digunakan dalam pembelajaran.


Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research&Development) dengan menggunakan model pengembangan 4D (four D) yang terdiri dari 4 tahapan, yaitu Define, Design, Develop, Disseminate. Uji validitas produk dilakukan oleh 3 orang validator yang terdiri dari 2 validator media dan 1 validator materi. Uji coba dilakukan kepada 27 orang siswa kelas IX SMP Negeri 32 Padang.


Berdasarkan hasil penilaian uji kelayakan dari validator media dan validator materi, diperoleh hasil persentase 94,67% dengan kategori “sangat valid” oleh validator media I. pada validator media II diperoleh hasil persentase 98,67% dengan kategori “sangat valid” sedangkan pada validator materi diperoleh hasil persentase 96% dengan kategori “sangat valid”. Hasil uji praktikalitas memperoleh persentase 94% dengan kategori “sangat praktis”. Berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas tersebut, dapat disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran pada materi jaringan komputer dan topologi jaringan mata pelajaran Bimbingan Teknologi Informasi dan Komunikasi di kelas IX SMP layak untuk digunakan dalam pembelajaran.


 


Keywords: Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, Lectora Inspire

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.