Pengembangan Media Kartun Animasi Bermuatan Profil Pelajar Pancasila Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VII di SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil media kartun animasi bermuatan Profil Pelajar Pancasila pada Mata Pelajaran PPKN kelas VII SMP melalui proses yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and Deveopment (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima langkah, yaitu Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasarkan hasil penilaian validitas media diperoleh skor rata-rata 97,4% “sangat valid” dan hasil penilaian validitas materi memperoleh skor 85,2% “sangat valid”. Kemudian hasil uji praktikalitas yang diujicobakan kepada 19 orang siswa memperoleh skor 86,2% “sangat praktis”. Selanjutnya hasil data efektivitas melalui uji N-gain, skor yang diperoleh yaitu 0,73 dengan kategori “tinggi” (N≥ 0,7). Hal ini menunjukan bahwa media kartun animasi bermuatan Profil Pelajar Pancasila yang telah dikembangkan sudah layak dan praktis digunakan, serta efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKN di Kelas VII.