PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS IV SD

Main Article Content

Miftahul Huda
Miftahul Huda

Abstract

Pengembangan multimedia pembelajaran dilatar belakangi dalam proses pembelajaran pada kurikulum merdeka belajar terdapat mata pelajaran PAI pada elemen pejarah peradaban islam yang dipelajarai di sekolah dasar. Maka dari itu perlu dikongkritkan dengan adanya berupa multimedia pembelajaran sehingga siswa/i lebih memahami materi hijrah Nabi Muhammad SAW ke Yastrib. Pengembangan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengembangan multimedia pembelajaran serta mengetahui hasil uji validitas dan uji praktikalitas. pengembangan yang digunakan yaitu research & development (R&D). Dengan model pengembangan yaitu model 4D terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Pada langkah development dilakukan uji validitas media dengan dua validator pakar media dan satu validator pakar materi kemudian uji praktikalitas dilakukan pada siswa/i kelas IV SD yang berjumlah 24 siswa/i untuk menguji kepraktisan multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Hasil dari penilaian validitas media dengan validator I mendapatkan hasil rata-rata 4,78 dalam katergori “sangat valid” dan hasil dengan validator II mendapatkan rata-rata 4,84 dalam kategori “sangat valid”. Perolehan validitas materi oleh validator materi mendapatkan rata-rata 5 dengan kategori “sangat valid”. Multimedia pembelajaran ini dikatakan praktis berdasarkan uji praktikalitas dengan rata-rata 4,33. Berdasarkan perolehan uji praktikalitas disimpulkan bahwa multimedia pembelajaran pada mata pelajaran PAI kelas IV SD dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.