Pengaruh Penggunaan E-modul Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP 24 Padang

Main Article Content

Hendra Gunawan

Abstract

Salah satu metode untuk mewujudkan naiknya kualitas pendidikan adalah dengan memanfaatkan bahan ajar yang tepat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penggunaan bahan ajar terhadap pendidikan di Indonesia. Penelitian ini difokuskan pada materi pembelajaran elektronik, atau e-modul. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperimen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai dampak signifikan dari penggunaan e-modul terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran informatika di kelas VII SMP 24 Kota Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang menggunakan e-modul (kelas eksperimen) memperoleh nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang menggunakan buku paket dan LKS. Rata-rata nilai siswa di kelas eksperimen adalah 82,21, sementara rata-rata nilai siswa di kelas kontrol adalah 73,97. Berdasarkan analisis uji t, diperoleh nilai t hitung sebesar 2,81, sedangkan nilai t tabel dengan tingkat signifikansi 0,05 adalah 1,996. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan e-modul memiliki dampak signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran informatika di kelas VII SMP 24 Padang”

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.