Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di SMPN 4 Sutera

Main Article Content

Yaora Azola
Alwen Bentri

Abstract

Masalah yang ditemukan di lapangan adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA. Hal ini ditimbulkan oleh beberapa faktor, seperti proses pembelajaran yang cenderung monoton dan membosankan serta kurangnya inovasi dalam model pembelajaran. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif menggunakan desain kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini merupakan peserta didik kelas kelas VIII sebanyak 128 orang dengan sampel sebanyak 50 peserta didik yang dipilih memakai teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata nilai post-test peserta didik di kelas eksperimen adalah 83, sedangkan di kelas kontrol ialah 75,4. Pengujian statistic menunjukkan bahwa nilai t-hitung sebesar 4,1304 melebihi nilai t-tabel 2,0106 di taraf signifikan α 0,05 atau taraf kepercayaan 95% . Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa model pembelajaran quantum learning memberikan dampak yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran IPA di SMPN 4 Sutera.


Keywords: Model pembelajaran Quantum Learning, Hasil belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).


 

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.