Pengembangan Video Tutorial Membuat Presentasi pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX SMP

Main Article Content

Deddy Kurniawan

Abstract

Pengembangan media video tutorial membuat presentasi dilatar belakangi belum maksimalnya penerapan media pembelajaran pada pelajaran Teknologi Informasi dan Kumunikasi di SMP N 24 Padang. Media ajar yang selama ini digunakan adalah papan tulis dan buku sumber. Media ini belum dapat membantu mengatasi permasahalan pembelajaran dan seringkali menimbulkan kejenuhan. Dalam mengatasi masalah tersebut, dikembangkan media video tutorial yang dapat digunakan sebagai media pendukung dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pendukung dalam proses belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4D. Adapun prosedur pengembangan dari pengembangan ini yaitu: (1) Define, (2) Design, (3) Development, dan (4) Disseminate. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respond siswa. Validitas produk diuji oleh dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas ditujukan kepada siswa/i kelas IX SMP N 24 Padang. Pengembangan media video tutorial menggunakan aplikasi Capcut pada mata pelajaran TIK untuk kelas IX SMP telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video tutorial. Produk ini telah melalui tahap validasi, berdasarkan penilaian hasil validasi materi dari guru bidang studi TIK SMP N 24 padang dan validasi media yakni dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Hasil validasi dari ahli media I sudah dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 3,90 dan hasil dari ahli media II sudah dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 3,90. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi sudah dikategorikan “Sangat valid” dengan rata-rata 3,50. Pada hasil uji praktikalitas produk media video tutorial berada pada rata-rata 3,83 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video tutorial menggunakan aplikasi Capcut pada mata pelajaran TIK dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.