Pengembangan Alat Asesmen Berbasis Wordwall pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat asesmen berbasis Wordwall pada mata pelajaran
Informatika kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and
Deveopment (R&D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur
pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap
Pengembangan Produk Awal, (3) Tahap Validasi Produk, (4) Tahap Uji Coba, dan (5) Produk
Akhir. Berdasarkan hasil dari penilaian dari validator materi berada dalam kategori “sangat valid”
dengan rerata 4,68. Pada aspek evaluasi, penilaian yang dilakukan oleh ahli evaluasi mendapatkan
kategori “sangat valid” dengan rerata 4,8. Penilaian pada aspek media yang dilakukan oleh ahli
media mendapatkan kategori “sangat valid” dengan rerata 4,78. Hal ini menunjukan bahwa alat
asesmen berbasis Wordwall layak digunakan Kepraktisan alat asesmen berbasis Wordwall pada
mata pelajaran informatika kelas VII SMP diujicobakan kepada 54 orang siswa, penilaian
kepraktisan mendapatkan kategori “sangat praktis” dengan rerata 4,36 dari data tersebut dapat
disimpulkan bahwa alat asesmen berbasis Wordwall pada mata pelajaran informatika kelas VII
SMP praktis untuk digunakan.