Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata pelajaran Informatika kelas
VII.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilahResearch
and Deveopment (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun
prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan,
(2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir.
Berdasarkan hasil dari validasi materi diperoleh nilai 4,78 “Sangat Valid”. Sehingga materi
dikatakan sangat layak untuk digunakan. Hasil validasi media I diperoleh nilai 4,66 “Sangat
Valid dengan revisi ringan” dan validasi media II diperoleh nilai 4,77 “Sangat Valid”,
sehingga media dikategorikan layak untuk dicobakan. Selanjutnya uji coba praktikalitas
siswa diperoleh nilai 4,61 “Praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media
Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP layak dan
praktis digunakan