Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP

Main Article Content

Tasya Eliandi Putri
Eldarni -
Novrianti -
Mutiara Felicita Amsal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata pelajaran Informatika kelas
VII.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilahResearch
and Deveopment (R&D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun
prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan,
(2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir.
Berdasarkan hasil dari validasi materi diperoleh nilai 4,78 “Sangat Valid”. Sehingga materi
dikatakan sangat layak untuk digunakan. Hasil validasi media I diperoleh nilai 4,66 “Sangat
Valid dengan revisi ringan” dan validasi media II diperoleh nilai 4,77 “Sangat Valid”,
sehingga media dikategorikan layak untuk dicobakan. Selanjutnya uji coba praktikalitas
siswa diperoleh nilai 4,61 “Praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media
Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP layak dan
praktis digunakan

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.