Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMAN 4 Pariaman
Main Article Content
Abstract
Mata pelajaran informatika di era digital tentunya memegang peranan yang sangat penting. Salah satu upaya untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang menarik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu menstimulus siswa untuk aktif belajar. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui seberpengaruh penerapan suatu model belajar Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X SMA N 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang melibatkan 60 orang siswa kelas X sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa setelah model pembelajaran Project Based Learning diterapkan. Analisis data menggunakan uji statistik t-test dengan taraf signifikansi α 0.05. Hasil penelitian ini menunjukan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,66 dan kelas kontol sebesar 64,16. Setelah dilakukan uji t, diperoleh t hitung sebesar 2,478 dan t tabel sebesar 1,671 pada taraf signifikansi α 0,05. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X SMA N 4 Pariaman.