Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMAN 4 Pariaman

Main Article Content

Wahyu Zuhri Marsyaf
Zuliarni Zuliarni
Zuliarni Zuliarni
Darmansyah Darmansyah
Darmansyah Darmansyah
Mutiara Felicita Amsal

Abstract

Mata pelajaran informatika di era digital tentunya memegang peranan yang sangat penting. Salah satu upaya untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang menarik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu menstimulus siswa untuk aktif belajar. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui seberpengaruh penerapan suatu model belajar Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X SMA N 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang melibatkan 60 orang siswa kelas X sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa setelah model pembelajaran Project Based Learning diterapkan. Analisis data menggunakan uji statistik t-test dengan taraf signifikansi α 0.05. Hasil penelitian ini menunjukan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,66 dan kelas kontol sebesar 64,16. Setelah dilakukan uji t, diperoleh t hitung sebesar 2,478 dan t tabel sebesar 1,671 pada taraf signifikansi α 0,05. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X SMA N 4 Pariaman.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.