PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ELEMEN GEOMETRI KELAS VII SMP

Main Article Content

Apaf Nur Fauzia

Abstract

Abstrak


Matematika yang bersifat konseptual, abstrak, dan prosedural kerap terjadi permasalahan kurangnya pemahaman materi karena proses pembelajaran yang berulang-ulang, media yang diterapkan guru belum mendukung pembelajaran optimal. Maka peneliti mengembangkan media pembelajaran yang menunjang hal-hal nyata pada pembelajaran Matematika khususnya kelas VII dengan menghasilkan produk multimedia interaktif berbasis scratch yang valid dan praktis untuk guru dan siswa. Scratch membantu orang-orang membuat tugas pemrograman sederhana dengan memasukkan gambar, video, audio. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE. Model ini terdiri 5 fase, yaitu menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasi dan mengevaluasi. penguji validitas materi adalah guru bidang studi dan dua dosen Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang sebagai validator media. Pada hasil penilaian oleh validasi materi dan validasi media masuk kategori “Sangat Valid” dengan diperoleh rata-rata 4,84  dan 4,78 untuk hasil. Uji praktikalitas oleh siswa kelas VII tergolong “sangat praktis” dengan rata-rata 4,70. Dapat disimpulkan multimedia interaktif layak digunakan.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.