PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X DI SMK KOTA PARIAMAN

Main Article Content

Jemie Setiawan Paliang

Abstract

Abstrak


Abad ke-21, teknologi informasi dan komunikasi menyebar dengan cepat dan luas di segala bidang kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pembelajaran saat ini berorientasi pada kegiatan digitalisasi menggunakan teknologi canggih dengan harapan memudahkan siswa memahami mata pelajaran. Alternatif video pembelajaran sangat efektif dan praktis dalam menyampaikan materi. Siswa juga lebih mudah dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas video pembelajaran P3 dalam Mata Pelajaran Sejarah. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4-D. Produk ini divalidasi oleh 1 validator materi dan 2 validator ahli media serta 12 siswa kelas X Akuntansi. Hasil validasi yang diperoleh menunjukan ahli media memperoleh skor 98% yang termasuk ke dalam kategori "Sangat Valid", dan validasi ahli materi memperoleh skor 91% dengan kategori "Sangat Valid". uji validasi siswa memperoleh kategori "Sangat Praktis" dengan skor 92%.


 

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.