Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Smp N 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 2 Ampek Nagari. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen semu berupa metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposeful sampling. Data dikumpulkan melalui pengamatan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi serta melalui pemberian tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa data memiliki pola distribusi yang serupa dengan distribusi normal dan memiliki tingkat homogenitas yang seragam. Selain itu, penggunaan media video pembelajaran memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Secara keseluruhan, dapat di simpulkan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media video pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). oleh peserta didik di SMP N 2 Ampek Nagari kabupaten Agam kelas VIII memiliki potensi untuk mencapai peningkatan hasil belajar para murid.