Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran IPS Smp N 2 Ampek Nagari Kabupaten Agam

Main Article Content

Sri Maharani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak media video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII mata pelajaran IPS SMP N 2 Ampek Nagari. Metode yang digunakan dalam  penelitian adalah eksperimen semu berupa metode kuantitatif dengan menggunakan teknik purposeful sampling. Data dikumpulkan melalui pengamatan aktivitas siswa menggunakan lembar observasi serta melalui pemberian tes tertulis. Hasil analisis menunjukkan bahwa data memiliki pola distribusi yang serupa dengan distribusi normal dan memiliki tingkat homogenitas yang seragam. Selain itu, penggunaan media video pembelajaran memiliki pengaruh  yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. Secara keseluruhan, dapat di simpulkan  dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan media video pembelajaran dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). oleh peserta didik di SMP N 2 Ampek Nagari kabupaten Agam  kelas VIII memiliki potensi untuk mencapai peningkatan hasil belajar para murid.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.