PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS SCRATCH PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA ELEMEN GEOMETRI KELAS VII SMP

Main Article Content

Apaf Nur Fauzia

Abstract

Pada proses pembelajaran Matematika yang bersifat konseptual, abstrak, dan prosedural kerap terjadi permasalahan terkait kurangnya pemahaman materi yang dipicu oleh proses pembelajaran yang berulang-ulang dan terkesan membosankan, media yang diterapkan oleh guru juga belum dapat mendukung pembelajaran secara optimal. Untuk itu peneliti mengembangkan media pembelajaran yang dapat menunjang hal-hal nyata pada pembelajaran Matematika khususnya kelas VII dengan menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis scratch yang valid dan praktis untuk dimanfaatkan oleh guru dan siswa. Scratch dapat membantu orang-orang dalam membuat tugas pemrograman sederhana dengan memasukkan gambar dan video, merekam audio, dan membuat grafik. Jenis penelitian ini adalah R&D dengan menerapkan model ADDIE. Model ini terdiri dari 5 fase, yaitu menganalisis, merancang, mengembangkan, mengimplementasi dan mengevaluasi. Yang menguji validitas media adalah guru bidang studi sebagai validator materi dan dua dosen Departemen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang sebagai validator media. Pada hasil penilaian oleh validator materi diperoleh rata-rata 4,84 dengan kategori “Sangat Valid”, serta rata-rata 4,78 untuk hasil validasi media dengan kategori “Sangat Valid”. Uji praktikalitas oleh siswa kelas VII SMP Angkasa Lanud Padang pada multimedia interaktif ini tergolong “sangat praktis” dengan rata-rata 4,70. Maka dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis scratch pada mata pelajaran Matematika elemen Geometri dapat dikatakan layak digunakan.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.