PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP

Main Article Content

Bella Ananda
Darmansyah Darmansyah
Dedi Supendra
Septriyan Anugrah

Abstract

Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi permasalahan pembelajaran, siswa menganggap matematika sulit dan membosankan dengan materi yang memiliki volume dan sisi di dalamnya. Siswa merasa kesulitan untuk memvisualisasikan suatu objek. Selanjutnya, media pembelajaran berbasis Augmented Reality diharapkan dapat membantu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RandD), penelitian meliputi pengembangan produk, validitas dan kepraktisan produk. Penelitian dilakukan pada 24 siswa kelas VIII-1 SMP Angkasa Padang. Model ADDIE digunakan sebagai pengembang yang meliputi tahapan (1) Analisis, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Media yang dikembangkan dikategorikan “sangat valid” dari segi materi dan media. Uji kepraktisan media, dikategorikan “sangat praktis”.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.