PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY BANGUN RUANG PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS VIII SMP
Main Article Content
Abstract
Pengembangan media pembelajaran berbasis Augmented Reality dilakukan sebagai upaya untuk mengurangi permasalahan pembelajaran, siswa menganggap matematika sulit dan membosankan dengan materi yang memiliki volume dan sisi di dalamnya. Siswa merasa kesulitan untuk memvisualisasikan suatu objek. Selanjutnya, media pembelajaran berbasis Augmented Reality diharapkan dapat membantu pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RandD), penelitian meliputi pengembangan produk, validitas dan kepraktisan produk. Penelitian dilakukan pada 24 siswa kelas VIII-1 SMP Angkasa Padang. Model ADDIE digunakan sebagai pengembang yang meliputi tahapan (1) Analisis, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Media yang dikembangkan dikategorikan “sangat valid” dari segi materi dan media. Uji kepraktisan media, dikategorikan “sangat praktis”.