Opsional PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA Nurul Hayi Faradisa¹, Zuliarni², Eldarni3, Novrianti4 1,2Teknologi Pendidikan, Universitas Negeri Padang Email: nurulhayifaradisa@gmail.com

Main Article Content

Nurul Hayi Faradisa

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan video problem based learning untuk Biologi Kelas X SMA agar menghasilkan media video pembelajaran yang dapat dimanfaatkan oleh pengajar dan siswa. Dengan menggunakan video pembelajaran ini, diharapkan siswa akan dapat memahami materi yang disajikan dan belajar lebih efektif. Terutama pada materi biologi yang sulit yang memerlukan gambaran umum, seperti Perubahan Lingkungan. Penting untuk memahami prinsip-prinsip kursus dan memperhatikan proses yang dijelaskannya, seperti lingkungan, kehidupan, dan peristiwa alam, karena sifat visual dari kursus biologi ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan menggunakan model ADDIE yaitu Analisis (Analysis), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Uji validitas produk yang dikembangkan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator media, dan satu orang validator materi. Uji coba atau praktikalitas produk dilakukan kepada siswa kelas X SMA dengan jumlah 34 orang dengan tujuan untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran berbasis problem based learning pada mata pelajaran Biologi kelas X SMA yang telah dikembangkan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, lembaran angket, dokumentasi, dan format penilaian. Materi dinyatakan layak digunakan berdasarkan temuan penelitian dari validasi ahli klasifikasi materi “Sangat Valid” dengan skor rata-rata 4,83. Akibatnya, media dianggap praktis untuk diuji. Temuan validasi ahli media I dikategorikan “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4,94, sedangkan hasil validasi ahli media II dikategorikan “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 4,88. Selain itu, uji coba kepraktisan siswa menerima nilai rata-rata 4,54 dan diklasifikasikan sebagai "Sangat Praktis". Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media video pembelajaran berbasis problem based learning pada mata pelajaran Biologi kelas X SMA layak untuk digunakan dalam pembelajaran.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.