Pengembangan Media Interaktif Lancar Membaca Bahasa Indonesia Kelas 1 SD

Main Article Content

Anidri Ainum
Novrianti Novrianti

Abstract

Pengembangan media interaktif dilakukan sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah belajar siswa. Salah satu faktor kurangnya ketertarikan dan dorongan siswa mengikuti proses pembelajaran karena belum maksimal penggunaan media. Penelitian ini bertujuan buat membentuk produk media interaktif lancar membaca  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD, mengetahui kelayakannya sehingga media cocok dengan karakteristik kelayakan media dan materi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE. Uji kelayakan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator media dan satu orang validator materi. Uji coba produk dilaksanakan kepada 15 orang siswa kelas 1 SD N 23 Jawi-Jawi Guguk.


Menurut hasil uji validasi dari validator media dan validator materi, dapat disimpulkan hasil penilaian oleh dua orang ahli media, dikategorikan “sangat layak” untuk digunakan dengan jumlah penilaian dari validator I yaitu mendapatkan rata-rata 4,72, dan validator II mendapatkan rata-rata 4,88. Sedangkan hasil penilaian ahli materi dikategorikan “sangat sesuai” dengan rata-rata 4,71. Hasil uji praktikalitas media interaktif berada pada kategorikan “sangat praktis” dengan hasil penilaian rata-rata 4,73.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.