Pengembangan Media Interaktif Lancar Membaca Bahasa Indonesia Kelas 1 SD
Main Article Content
Abstract
Pengembangan media interaktif dilakukan sebagai upaya untuk menyelesaikan masalah belajar siswa. Salah satu faktor kurangnya ketertarikan dan dorongan siswa mengikuti proses pembelajaran karena belum maksimal penggunaan media. Penelitian ini bertujuan buat membentuk produk media interaktif lancar membaca Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas 1 SD, mengetahui kelayakannya sehingga media cocok dengan karakteristik kelayakan media dan materi. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ASSURE. Uji kelayakan dilakukan oleh tiga orang validator yang terdiri dari dua orang validator media dan satu orang validator materi. Uji coba produk dilaksanakan kepada 15 orang siswa kelas 1 SD N 23 Jawi-Jawi Guguk.
Menurut hasil uji validasi dari validator media dan validator materi, dapat disimpulkan hasil penilaian oleh dua orang ahli media, dikategorikan “sangat layak” untuk digunakan dengan jumlah penilaian dari validator I yaitu mendapatkan rata-rata 4,72, dan validator II mendapatkan rata-rata 4,88. Sedangkan hasil penilaian ahli materi dikategorikan “sangat sesuai” dengan rata-rata 4,71. Hasil uji praktikalitas media interaktif berada pada kategorikan “sangat praktis” dengan hasil penilaian rata-rata 4,73.