Analisis Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan media video pada pembelajaran IPA. Hal ini dilatar belakangi karena kurang aktif dan berpartisipasinya siswa, serta kurangnya minat dan motivasi belajar siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian berbentuk kualitatif dengan teknik analisis deskriptif menggunakan studi kepustakaan. Data yang digunakan data sekunder, sumber data berupa sumber tertulis yang dianalisis dengan metode analisis deskriptif. Hasil analisis terhadap 10 jurnal pengaruh penggunaan media video pada pembelajaran IPA tingkat tinggi SD, 5 jurnal tingkat SMP, serta 4 jurnal dan 2 skripsi tingkat SMA pada mata pelajaran IPA/sains terlihat, bahwa penggunaan media video mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa, siswa yang menggunakan media video memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media video.