Pengembangan LKS Berbasis Digital Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran IPa Kelas VII SMP
Main Article Content
Abstract
Pada penelitian pengembangan (Researh and Development) ini dengan berpedoman model Borg and Gall. Tujuan untuk penelitian pengembangan produk media Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Digital yang telah dihasilkan telah melalui prosedur validasi dan praktikalitas produk yang ditujukkan kepada siswa kelas VII SMP. Proses dari lembar validasi dan lembar praktikalitas disusun oleh peneliti sebelumnya dengan tahap-tahap yang sesuai dengan kaidah penilaian. Berdasarkan hasil review kelayakan dari produk yang telah dikembangkan dari 2 orang dosen Prodi Teknologi Pendidikan dan 1 orang guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) SMPN 22 Padang, dari penilaian aspek media secara keseluruhan dari kedua validator dari perolehan skor tersebut dapat disimpulkan bahwa media sudah di kriteriakan tergolong kepada media yang “Sangat Valid” untuk digunakan dengan nilai 4,92. Hasil validasi penilaian materi juga tergolong “Sangat Valid” untuk digunakan dengan nilai 4,78. Hasil praktis dari siswa juga tergolong kepada media yang “Valid” dengan perolehan skor kepraktisan media sebesar 4,03. Kesimpulan dari hasil uji validitas dan uji praktikalitas produk media LKS Digital layak untuk digunakan.