PENGARUH PENERAPAN MEDIA EDMODO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TIK KELAS VIII DI SMP N 15 PADANG
Main Article Content
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam Mata Pelajaran TIK di SMP N 15 Padang. Berdasarkan observasi di lapangan, kesulitan utama dalam mempelajari TIK, sebagian besar peserta didik berpendapat bahwa kesulitan utamanya adalah pada saat mengoperasikan komputer siswa masih banyak yang kurang terampil menggunakan komputer karena istilah pada komputer banyak menggunakan bahasa asing, serta minimnya pemanfaatan jaringan internet sebagai media peyampaian materi pembelajaran yang adapat diakses siswa secara online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media edmodo terhadap hasil belajar siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi kelas VIII di SMP N 15 Padang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk quasi experiment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa yang belajar menggunakan media edmodo yaitu 81,01 sedangkan nilai rata-rata siswa yang belajar menggunakan media powerpoint yaitu 73,20. Berdasrkan perhitungan uji hipotesis dengan memakai uji t (t-test) diperoleh thitung = 3,14 sedangkan ttabel pada taraf signifikan α=0,05 adalah 2,000. Jika dibandingkan, maka thitung lebih besar daripada ttabel yaitu 3,14 > 2,000. Dengan demikian penerapan media edmodo berpengaruh secara signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP N 15 Padang.
Kata kunci: media edmodo, hasil belajar.