Inovtech http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech <p>Inovtech is a educational technolgy journal published by Universitas Negeri Padang (UNP).&nbsp; The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding developments learning, application, and production of communications media for instruction, curriculum, educational technology and research development, tech trend, computer – supported in collaboratif learning, instructional, sciens, computing in education, formativ design in learning, technology instructional, cognitiv and learning,&nbsp; and smart learning environmet, learning resources center.</p> en-US Ktp@fip.unp.ac.id (Septriyan Anugrah) Ktp@fip.unp.ac.id (Septriyan Anugrah S.kom., M.Pd.T) Tue, 20 Feb 2024 05:38:17 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 EFEKTIVITAS PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MAPEL PAI KELAS IV SDN 23 PASIR SEBELAH http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/361 <p>Berdasarkan observasi di SDN 23 Pasir Sebelah di kelas IV menunjukkan aktivitas belajar siswa dikelas kurang maksimal,seperti malas membaca,tidak aktif bertanya,tidak berdiskusi dan tidak menyelesaikan latihan yang ditugaskan oleh guru. Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran dianggap efektif jika diterapkan dalam proses pembelajaran. Dengan begitu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk melihat keefektifan video pembelajaran terhadap aktivitas belajar siswa.Penelitian kuantitatif dengan jenis <em>quasy experiment </em>digunakan untuk melihat perbandingan aktivitas belajar siswa kelas kontrol dan eksperimen. Kelas IVA dan IVB menjadi sampel dalam penelitian dengan jumlah masing-masing kelasnya yaitu 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket aktivitas belajar siswa sebanyak 22 pernyataan yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Hipotesis penelitian ini menggunakan&nbsp; teknik analisis data dengan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen 71,24 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 57,08. Dari hasil analisis uji-t diperoleh t<sub>hitung</sub>&gt;t<sub>tabel </sub>yaitu 5,133&gt;2,010 pada tarif signifikan α 0,05<sub>, </sub>artinya H<sub>o</sub> ditolak dan H<sub>a</sub> diterima.</p> Delvi Gustina, Novrianti Novrianti, Zelhendri Zen, Mutiara felicita Amsal ##submission.copyrightStatement## http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/361 Wed, 07 Feb 2024 04:30:59 +0000 EVALUASI PELAKSANAAN KEBIJAKAN PROGRAM KAMPUS MENGAJAR-KAMPUS MERDEKA BAGI MAHASISWA KURIKULUM DAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN FIP UNP http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/362 <p>Kampus Mengajar adalah bagian dari kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang bertujuan dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk dapat menambah pengalaman dan mengambangkan diri dalam pendidikan. Hal itulah yang membuat mahasiswa diberikan kesempatan untuk dapat ikut berperan terutama di bagian pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk dapat melihat tahapan pada Program Kampus Mengajar-Kampus Merdeka dari mulai pendaftaran, pelaksanaan dan tindak lanjut dari Program Kampus Mengajar-Kampus Merdeka. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian dari angkatan 1 sampai angkatan 6 alumni Program Kampus Mengajar-Kampus Merdeka dengan jumlah 61 orang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Program Kampus Mengajar-Kampus Merdeka bagi Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan FIP UNP sudah berjalan dengan baik. Skor rata-rata yang diperoleh yaitu 77% dan berada pada pada kriteria Baik.</p> <p><strong>&nbsp;</strong></p> <p><strong>Kata Kunci</strong>: Kampus Mengajar-Kampus Merdeka, Mahasiswa Kurikulum dan Teknologi Pendidikan</p> Endiastia Yesiva, Novrianti Novrianti, Syafril Syafril, Mutiara Felicita Amsal ##submission.copyrightStatement## http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/362 Wed, 07 Feb 2024 08:58:03 +0000 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas X SMAN 4 Pariaman http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/363 <p>Mata pelajaran informatika di era digital tentunya memegang peranan yang sangat penting. Salah satu upaya untuk menciptakan aktivitas pembelajaran yang menarik adalah dengan menggunakan model pembelajaran yang mampu menstimulus siswa untuk aktif belajar. Penelitian ini memiliki tujuan mengetahui seberpengaruh penerapan suatu model belajar Project Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X SMA N 4 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu yang melibatkan 60 orang siswa kelas X sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes. Instrumen tes digunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa setelah model pembelajaran Project Based Learning diterapkan. Analisis data menggunakan uji statistik t-test dengan taraf signifikansi α 0.05. Hasil penelitian ini menunjukan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata sebesar 75,66 dan kelas kontol sebesar 64,16. Setelah dilakukan uji t, diperoleh t hitung sebesar 2,478 dan t tabel sebesar 1,671 pada taraf signifikansi α 0,05. Berdasarkan hasil uji t dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Informatika kelas X SMA N 4 Pariaman.</p> Wahyu Zuhri Marsyaf, Zuliarni Zuliarni, Zuliarni Zuliarni, Darmansyah Darmansyah, Darmansyah Darmansyah, Mutiara Felicita Amsal ##submission.copyrightStatement## http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/363 Tue, 13 Feb 2024 00:00:00 +0000 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMP N 2 Salimpaung Tanah Datar http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/365 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 2 Salimpaung Tanah Datar. Jenis penelitian Quasi eksperimen adalah jenis penelitian. Dalam penelitian ini, sampelnya terdiri dari 28 siswa yang berada di kelas VIII. Hasil belajar mereka dikumpulkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT. Hasil analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik uji t dengan taraf signifikan 0,05. Penelitian menemukan nilai rata-rata untuk kelas eksperimen sebesar 71,79 dan nilai rata-rata untuk kelas kontrol sebesar 55. Berdasarkan hasil uji t, diperoleh hasil t hitung adalah 1,912, dan t tabel adalah 1,706. Dapat dibuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di kelas VIII SMP N 2 Salimpaung Tanah Datar</p> Wil Aini, Zuliarni -, Zuwirna -, Rayendra - ##submission.copyrightStatement## http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/365 Tue, 13 Feb 2024 04:46:30 +0000 Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/367 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pada mata pelajaran Informatika kelas<br>VII.Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilahResearch<br>and Deveopment (R&amp;D), menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun<br>prosedur pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Perencanaan,<br>(2) Pengembangan Produk Awal, (3) Validasi Produk, (4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir.<br>Berdasarkan hasil dari validasi materi diperoleh nilai 4,78 “Sangat Valid”. Sehingga materi<br>dikatakan sangat layak untuk digunakan. Hasil validasi media I diperoleh nilai 4,66 “Sangat<br>Valid dengan revisi ringan” dan validasi media II diperoleh nilai 4,77 “Sangat Valid”,<br>sehingga media dikategorikan layak untuk dicobakan. Selanjutnya uji coba praktikalitas<br>siswa diperoleh nilai 4,61 “Praktis”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Media<br>Pembelajaran Video Tutorial pada Mata Pelajaran Informatika kelas VII SMP layak dan<br>praktis digunakan</p> Tasya Eliandi Putri, Eldarni -, Novrianti -, Mutiara Felicita Amsal ##submission.copyrightStatement## http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/367 Mon, 19 Feb 2024 04:03:30 +0000 Pengembangan Video Tutorial Membuat Presentasi pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas IX SMP http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/375 <p>Pengembangan media video tutorial membuat presentasi dilatar belakangi belum maksimalnya penerapan media pembelajaran pada pelajaran Teknologi Informasi dan Kumunikasi di SMP N 24 Padang. Media ajar yang selama ini digunakan adalah papan tulis dan buku sumber. Media ini belum dapat membantu mengatasi permasahalan pembelajaran dan seringkali menimbulkan kejenuhan. Dalam mengatasi masalah tersebut, dikembangkan media video tutorial yang dapat digunakan sebagai media pendukung dan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial yang valid dan praktis untuk digunakan sebagai media pendukung dalam proses belajar. Penelitian dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian pengembangan <em>Research &amp; Development </em>(R&amp;D) dengan model pengembangan 4D. Adapun prosedur pengembangan dari pengembangan ini yaitu: (1) <em>Define</em>, (2) <em>Design</em>, (3) <em>Development</em>, dan (4) <em>Disseminate</em>. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar validasi dan angket respond siswa. Validitas produk diuji oleh dua orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas ditujukan kepada siswa/i kelas IX SMP N 24 Padang. Pengembangan media video tutorial menggunakan aplikasi <em>Capcut </em>pada mata pelajaran TIK untuk kelas IX SMP telah dilakukan sesuai dengan prosedur pengembangan yang menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk video tutorial. Produk ini telah melalui tahap validasi, berdasarkan penilaian hasil validasi materi dari guru bidang studi TIK SMP N 24 padang dan validasi media yakni dosen Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Hasil validasi dari ahli media I sudah dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 3,90 dan hasil dari ahli media II sudah dikategorikan “Sangat Valid” dengan rata-rata 3,90. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi sudah dikategorikan “Sangat valid” dengan rata-rata 3,50. Pada hasil uji praktikalitas produk media video tutorial berada pada rata-rata 3,83 dengan kategori “Sangat Praktis”. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media video tutorial menggunakan aplikasi <em>Capcut </em>pada mata pelajaran TIK dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.</p> Deddy Kurniawan ##submission.copyrightStatement## http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/375 Mon, 04 Mar 2024 03:40:48 +0000 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII SMP PERTIWI 2 PADANG http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/374 <p><strong>Abstr</strong><strong>act</strong></p> <p>The issue identified in the field is the inadequate academic performance of students at Pertiwi 2 Padang Junior High School. During the learning process, the teacher relies on traditional media such as textbooks that contain extensive text and minimal visuals, hindering students' understanding of the material and leading to non-learning related activities. The teacher acknowledged not incorporating media into the classroom learning process. This study aims to investigate the impact of using animated video media on student learning outcomes in class VIII science maps at Pertiwi 2 Padang Junior High School. This study intends to assess the impact of utilizing animated video media on student learning results in 8th-grade science maps at Pertiwi 2 Padang Junior High School. This research is experimental in nature. The population consists of two classes: the experimental class and the control class, with a total of 8/1 and 8/2 students, respectively. Class VIII/1 received treatment with animated videos while Class VIII/2 was treated with a textbook. The sample utilized was purposive sampling. The study was carried out on participants with a focus on the Human Respiratory System. Utilizing Normality Test, Homogeneity Test, and Hypothesis Test for data processing. This study employed t-test statistics for hypothesis testing at a significance threshold of α = 0.05. The experimental class's average score, utilizing animated video medium, was 74.52. The mean value of the control group utilizing the book bundle is 48.10. The t-test calculation resulted in a tcount of 5.49, exceeding the ttable value of 2.01 at a significance level of α = 0.05. tcount is significantly more than ttable with values of 5.49 and 2.01, respectively. This implies that H1 is acceptable. Animated video media significantly impacts the learning results of Class VIII students studying Science Subjects at SMP Pertiwi 2 Padang.</p> Muhammad Ihsan ##submission.copyrightStatement## http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/374 Mon, 04 Mar 2024 03:45:03 +0000 Pengembangan Alat Asesmen Berbasis Wordwall pada Mata Pelajaran Informatika Kelas VII SMP http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/370 <p>Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat asesmen berbasis Wordwall pada mata pelajaran <br>Informatika kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau Research and <br>Deveopment (R&amp;D) menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Adapun prosedur <br>pengembangan pada penelitian ini terdiri dari 5 tahap, yaitu: (1) Tahap Perencanaan, (2) Tahap <br>Pengembangan Produk Awal, (3) Tahap Validasi Produk, (4) Tahap Uji Coba, dan (5) Produk <br>Akhir. Berdasarkan hasil dari penilaian dari validator materi berada dalam kategori “sangat valid” <br>dengan rerata 4,68. Pada aspek evaluasi, penilaian yang dilakukan oleh ahli evaluasi mendapatkan <br>kategori “sangat valid” dengan rerata 4,8. Penilaian pada aspek media yang dilakukan oleh ahli <br>media mendapatkan kategori “sangat valid” dengan rerata 4,78. Hal ini menunjukan bahwa alat <br>asesmen berbasis Wordwall layak digunakan Kepraktisan alat asesmen berbasis Wordwall pada <br>mata pelajaran informatika kelas VII SMP diujicobakan kepada 54 orang siswa, penilaian <br>kepraktisan mendapatkan kategori “sangat praktis” dengan rerata 4,36 dari data tersebut dapat <br>disimpulkan bahwa alat asesmen berbasis Wordwall pada mata pelajaran informatika kelas VII <br>SMP praktis untuk digunakan.</p> Asyarizka Putri, Eldarni -, Syafril -, Dedi Supendra ##submission.copyrightStatement## http://inovtech.ppj.unp.ac.id/index.php/inovtech/article/view/370 Mon, 04 Mar 2024 03:50:03 +0000